You need to enable javaScript to run this app.

HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS)

  • Sabtu, 17 Juli 2021
  • administrator
  • 0 komentar
  • STRUKTUR ORGANISASI HUMAS

 

  • KUNJUNGAN KERJA PT Rekavisitama Malang

 

  • Target Bidang Humas :

 

  • Kegiatan Promosi ke sekolah-sekolah
  • Pemberdayaan Komite sekolah
  • Rapat dengan orang tua murid
  • Hubungan dengan instansi terkait
  • Bazar dan ulang Tahun Sekolah
  • Membina hubungan antar sekolah
  • Membina hubungan kerja dengan muspika setempat
  • Membina Hubungan dengan Perusahaan

 

Program Kerja Humas

Kondisi saat ini, SMK Diponegoro tumpang mempunyai hubungan yang sangat baik di  lingkungn sekolah dan sekitar .

Di dalam penyusunan program Waka Humas  dapat kami kemukaan sebagai berikut:

 

FUNGSI DAN TUJUAN HUMAS SMK DIPONEGORO TUMPANG

Fungsi pokok hubungan sekolah dengan masyarakat adalah menarik simpati masyarakat umumnya serta publik khususnya, sehingga dapat meningkatkan relasi serta animo pada SMK Diponegoro Tumpang. Hal ini akan membantu sekolah mensukseskan program-programnya. Sehingga mampu mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Fungsi hubungan sekolah dengan masyarakat diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua.
  2. Memelihara hubungan baik dengan komite sekolah.
  3. Memelihara dan mengembangkan hubungan sekolah dengan lembaga-lembaga pemerintah, swasta dan organisasi nasional.
  4. Memberi pengertian kepada masyarakat tentang fungsi sekolah melalui bermacam-macam tehnik komunikasi (majalah, surat kabar dan mendatangkan sumber).

  

Tujuan

Hubungan sekolah dengan masyarakat dibangun dengan tujuan popularitas SMK Diponegoro Tumpang di mata masyarakat. Popularitas SMK Diponegoro Tumpang akan tinggi jika mampu menciptakan program-program sekolah yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan dan cita-cita bersama dan dari program tersebut mampu melahirkan sosok–sosok individu yang mapan secara intelektual dan spiritual. Dengan popularitas ini sekolah eksis dan semakin maju. Tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat diantaranya sebagai berikut:

  1. Memberi penjelasan tentang kebijaksanaan penyelenggaraan sekolah situasi dan perkembangannya.
  2. Menampung sarana-sarana dan pendapat-pendapat dari warga sekolah dalam hubungannya dengan pembinaan dan pengembang sekolah.
  3. Dapat memelihara hubungan yang harmonis dan terciptanya kerja sama antar warga sekolah sendiri.

 

SASARAN

  1. Humas SMK Diponegoro Tumpang sebagai penghubung dari pihak sekolah dengan masyarakat selalu dipelihara dengan baik karena sekolah akan selalu berhubungan dengan masyarakat, tidak bisa lepas darinya sebagai partner sekolah dalam mencapai kesuksesan sekolah itu sendiri. Prestise sekolah semakin tinggi di mata masyarakat jika sekolah mampu melahirkan peserta didik yang cerdas, berkepribadian dan mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam memajukan masyarakat.
  2. Terciptanya hubungan yang harmonis dengan masyarakat atau pihak-pihak tertentu di luar organisasi tersebut, agar mendapatkan dukungan terhadap efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kerja secara sadar dan sukarela.
  3. Untuk mendapatkan aspirasi, simpati dari masyarakat. Dan mengupayakan terjadinya kerjasama yang baik antar sekolah dengan masyarakat untuk kebaikan bersama, atau secara khusus bagi sekolah penjalinan hubungan tersebut adalah untuk mensukseskan program-program di SMK Diponegoro Tumpang.

 

TUGAS POKOK HUMAS SMK DIPONEGORO TUMPANG

Wakil Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

  1. Memberikan informasi dan menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat atau pihak-pihak lain yang membutuhkannya.
  2. Membantu pemimpin yang karena tugas-tugasnya tidak dapat langsung memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukannya.
  3. Membantu Kepala Sekolah mempersiapkan bahan-bahan tentang permasalahan dan informasi yang akan disampaikan atau yang menarik perhatian masyarakat pada saat tertentu.
  4. Membantu Kepala Sekolah dalam mengembangkan rencana dan kegiatan lanjutan yang berhubungan dengan pelaksanaaan kepada masyarakat sebagai akibat dari komunikasi timbal balik dengan pihak luar, yang ternyata menumbuhkan harapan untuk penyempurnaaan kegiatan yang telah dilakukan oleh organisasi.
  5. Melaporkan tentang pikiran-pikiran yang berkembang dalam masyarakat tentang masalah pendidikan.
  6. Membantu kepala sekolah bagaimana usaha untuk memperoleh bantuan dan kerja sama.
  7. Menyusun rencana bagaimana cara-cara memperoleh bantuan.
  8. Menunjukkan pergantian keadaan melalui pendapat umum.
  9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Humas secara berkala.

 

BENTUK OPERASIONAL HUMAS SMK DIPONEGORO TUMPANG

  1. Bidang Sarana Akademik

Tinggi rendahnya prestasi lulusan (kualitas maupun kuantitas), penelitian, karya ilmiah (lokal, nasional, internasiona), jumlah dan tingkat kesarjanaan pendidiknya, sarana dan prasarana akademik termasuk laboratorium dan perpustakaan atau Pusat Sumber Belajar, Sumber Belajar yang mutakhir serta teknologi instruksional yang mendukung Proses Belajar Mengajar, termasuk ukuran prestasi dan prestise-nya.

  1. Bidang Sarana Pendidikan

Gedung atau bangunan sekolah termasuk ruang belajar, ruang praktikum, kantor dan sebagainya beserta perabot atau mebeuler yang memadai akan memiliki daya tarik tersendiri bagi popularitas sekolah.

  1. Bidang Sosial

Partisipasi SMK Diponegoro Tumpang dengan masyarakat sekitarnya, seperti kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi dan sebagainya akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian sekolah terhadap  lingkungan  sekitar sebagai anggota masyarakat yang senantiasa sadar lingkungan demi baktinya terhadap pembangunan masyarakat.

  1. Kegiatan Karya Wisata

Sebagai sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, seperti membawa spanduk serta atribut sekolah sampai keluar daerah menyababkan nama SMK Diponegoro Tumpang dapat dikenal lebih luas sampai luar kota. Bahkan tertib sopan santun para siswanya di perjalanan akan mendapat kesan tersendiri dari masyarakat yang disinggahi dan dilaluinya.

  1. Kegiatan Olah Raga dan Kesenian

Juga dapat merupakan sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, misalnya dalam porseni dan lomba antar sekolah akan membawa keunggulan sekolah dan membawa nama harum SMK Diponegoro Tumpang.

  1. Menyediakan fasilitas sekolah untuk kepentingan masyarakat sekitar sepanjang tidak mengganggu kelancaran Proses Belajar Mengajar, demikian sebaliknya fasilitas yang ada di masyarakat sekitarnya dapat digunakan untuk kepentingan SMK Diponegoro Tumpang.
  2. Mengikutsertakan tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan masih banyak lagi kegitan operasional hubungan sekolah dengan masyarakat yang dikreasikan sesuai situasi, kondisi serta kemampuan pihak-pihak terkait.

 

PROGRAM KHUSUS WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN HUMAS SMK DIPONEGORO TUMPANG

  1. Melakukan relasi sosial dengan komite sekolah dan masyarakat desa diwilayah kecamatan Tumpang dalam bentuk kerjasama dua arah berkaitan dengan pendidikan
  2. Terjalinnya hubungan baik dengan komite sekolah dan masyarakat Kecamatan Tumpang, terutama yang terdapat siswa-siswi SMK Diponegoro Tumpang
  3. Melakukan relasi sosial dengan pemerintah desa sampai kabupaten dan instansi terkait terutama untuk penggalian dana dan proyek kegiatan sekolah
  4. Terjalinnya hubungan baik dengan pemerintah desa Tumpang, Pemerintah Kecamatan Tumpang dan Pemda Kabupaten Malang
  5. Melakukan relasi sosial dengan pihak sekolah terutama SMP dan MTs terutama dalam upaya penerimaan siswa baru
  6. Terjalinnya hubungan baik dengan SMP, MTs, SMA, MA teruatam di wilayah kecamatan Tumpangi, dan kabupaten Malang pada umumnya.
  7. Melakukan relasi sosial dengan perguruan tinggi negeri dan swasta, terutama dalam upaya peningkatan jumlah siswa yang lanjut studi
  8. Terjalinnya hubungan baik dengan perguruan tinggi Negeri yang ada diwilayah Malang yang berbasis vokasi
  9. Melakukan relasi sosial dengan pihak media massa terutama untuk membangun citra positif dan pemberian informasi yang aktif dan proporsional
  10. Terjalinnya hubungan baik dengan  Media cetak yang berada di wilayah Malang
  11. Melakukan relasi sosial dengan pihak dunia usaha dalam upaya pemasaran produk lulusan, pemagangan, dan studi siswa sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
  12. Terjalinnya hubungan baik dengan industri, toko, dan usaha keluarga terutama di wilayah Kecamatan Tumpang untuk bekal pemagangan siswa
  13. Melakukan upaya pemasaran produk sekolah dalam bentuk mencarikan lowongan kerja di berbagai instansi yang sesuai
  14. Pemasangan berbagai informasi dan dokumentasi kegiatan sekolah melalui papan pengumuman, radio, televisi dan internet
  15. Pertemuan Rutin Keluarga besar SMK Diponegoro Tumpang dalam bentuk pengajian dan arisan keliling
  16. Bekerjasama dengan darmawanita, menjalin hubungan baik dengan guru, karyawan beserta keluarga dan komite sekolah
  17. Bekerja sama dengan OSIS, membuat majalah dinding yang lebih menarik secara berkala
  18. Praktek siswa di masyarakat dalam bentuk TPA/TPQ, Bakti sosial dan pertandingan olahraga persahabatan
  19. Penerbitan selebaran dakwah yang berisi himbauan dan ajakan dalam momen tertentu yang bernilai religious
  20. Sebagai wahana kerjasama dengan pihak dunia usaha untuk melatih wira usaha siswa
  21. Bekerja sama dengan waka kurikulum dan kesiswaan memagangkan siswa sesuai dengan jurusan
  22. Melakukan studi banding ke madrasah/perguruan tinggi yang memeliki kontribusi ke lembaga pendidikan atau dunia pendidikan
  23. Mengadakan lomba karya tulis ilmiah siswa antar kelas setiap satu kali setahun
  24. Mengadakan pemilihan guru teladan versi siswa setiap satu kali setahun
  25. Mengadakan pemilihan siswa teladan setiap satu kali setahun
  26. Membentuk ikatan alumni (ILUNI) SMK Diponegoro Tumpang dan mengadakan pertemuan Alumni ( Reuni)
  27. Membuat Website Sekolah
  28. Menjalin Hubungan dengan Sekolah , Perguruan tinggi  vokasi dan  Industri  yang bertujuan untuk berkolaborasi dengan pihak manapun 
  29. Hubungan dengan Sekolah , Perguruan tinggi  vokasi dan  Industri  yang bertujuan untuk berkolaborasi dengan pihak manapun.
  30. Menjalin Hubungan dengan Sekolah , Perguruan tinggi  vokasi dan  Industri  yang bertujuan untuk berkolaborasi dengan pihak manapun 
  31. Pengajuan untuk kegiatan Family Gathering untuk Guru, Staf dan Karyawan   untuk memberikan semangat positif serta semua memiliki peran penting
  32. Persiapan Kegiatan SMK Pusat Keunggulan (PK)
  • Mengikuti Bimtek dan pelatihan lainnya
  • Mampu memenuhi tujuan SMK PK dari Guru yang kompeten dan lulusan nya yg terserap di dunia kerja
  1. Membuat Brand SMK lebih mudah di terima masyarakat
  • Wali Murid
  • Masyarakat sekitar
  • Calon Siswa tahun pelajaran baru
  • Dudi juga mempunyai peran penting untuk kemajuan SMK  agar bisa menghasilkan lulusan yang mudah terserap di dunia industri,, Sehingga bisa berkolaborasi agar peserta didik dapat magang dan mengasah potensi dan kompetensinya sesuai dengan kebutuhan industri
  1. Mengembangkan kegiatan yang sifatnya sosial keagamaan
  • Khotaman atau Ngaji di Masjid di masing- masing Desa
  • Giat Sosial ,, Bersih “ lingkungan masjid
  1. Pengajuan untuk memberikan wacana Biaya kegiatan selama satu tahun kepada wali murid setiap tingkatnya ( Kelas X, XI dan XII) sudah meliputi Ujian dan kegiatan yang sifatnya khusus.
  2. Membuat grafik kepuasan pelanggan ( Siswa Wali , Guru dan Karyawan) mulai dari Pelayanan dan Sarprasnya
  • SMK cakap digital
  • Konten Humas tentang Input anak”  dan output DU/DI

Setiap siswa wajib punya propile company  yang bertujuan semua perusahaan bisa mengetahui skil atw prestasi  di masa pembelajaran di SMK.

Masuk Web atau medsos lainnya

  • Form Karakter Siswa
  • Humas dan Bapak Ibu Guru harus melatih siswa untuk bisa cakap komunikasi
  • Hadirkan Alumni sesering mungkin untuk bisa mengenalkan prospek kerja mereka sesuai bid jurusan nya
  • Cara Membuat Senamg untuk Diri Sendiri dan Orang Lain tidak ada alasan untuk menyakiti orang Lain
  • Tumbuhkan ... Dream, Action dan Sucses untuk anak sejak dini
  • Budaya kerja tanamkan untuk semua anak melaui kegiatan kunjungan ke DU/Di atau mengadakan saresehan ( Memilih Sasaran dan menentukan DU/Di)
  • Jangan sedih saat melihat anak tidak bisa mengerjakan soal matematika tapi bersedihlah saat melihat anak tidak tahu cara mengantri
  • Handphone humas bisa memfasilitasi  menginstal  dan membuatkan totorial biar bisa membukakan link dari guru  atw bisa mempromosikan dari setiap kegiatan bisa di digitalkan  pembuatan Aplikasi Khusus

 

  1. FAKTOR PENDUKUNG

Kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat di SMK Diponegoro Tumpang bisa berjalan baik apabila di dukung oleh beberapa faktor yakni:

  1. Adanya program dan perencanaan yang sistematis.
  2. Tersedia basis dokumentasi yang lengkap.
  3. Tersedia tenaga ahli, terampil dan alat sarana serta dana yang memadai.
  4. Kondisi organisasi sekolah yang memungkinkan untuk meningkatkan kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat.
  5. Struktur Organisasi yang baru

Dengan susunan personil yang sangat ahli dalam bidang masing- masing  sangat menunjang perkembangan  dan mendapatkan hasil yang maksimal .

 

Adapun Program yang dilaksanakan dalam satu lingkup  Humas adalah

  1. PROGRAM Bursa Kerja Khusus
  2. Lowongan Pekerjaan
  3. Jenis Kegiatan

Kelulusan siswa-siswi kelas XII tahun pelajaran 2020/ 2021 harus diimbangi dengan adanya informasi lowongan pekerjaan. Hal ini dilakukan dengan membangun jaringan komunikasi yang baik dengan pihak perusahaan serta berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang. Informasi lowongan pekerjaan didapatkan melalui iklan di media massa maupun internet. Informasi ini selanjutnya akan di share di media sosial dan di grup alumni.

  1. Tujuan
  • Mempertemukan industri pencari kerja dengan alumni SMK Diponegoro Tumpang
  • Mempermudah alumni SMK Diponegoro Tumpang dalam mencari pekerjaan
  • Meningkatkan keterserapan alumni SMK Diponegoro Tumpang dalam dunia kerja
  1. Manfaat
  • Mempertemukan industri pencari kerja dengan alumni SMK Diponegoro Tumpang
  • Mempermudah alumni SMK Diponegoro Tumpang dalam mencari pekerjaan
  • Meningkatkan keterserapan alumni SMK Diponegoro Tumpang dalam dunia kerja
  1. Target
  2. Setelah lulus siswa langsung bekerja
  3. Mengkoordinir dan mendampingi selama siswa melamar kerja
  4. Waktu Pelaksanaan

Program ini dilaksanakan secara rutin dan terus-menerus.

  1. Langkah-langkah Kerja
  • Mencari atau mendapatkan informasi lowongan kerja melalui media sosial maupun menghubungi perusahaan yang bekerjasama dengan SMK Diponegoro Tumpang
  • Menyaring informasi lowongan kerja yang didapatkan untuk memastikan kebenaran informasi
  • Mempublikasikan lowongan kerja kepada alumni SMK Diponegoro Tumpang melalui grup alumni
  • Mengkoordinir/ mendampingi proses pelamaran kerja hingga pengumuman kerja
  • Pengantaran alumni yang diterima kerja

 

 

 

 

  1. Kelas Persiapan Kerja
  2. Jenis Kegitan

Kelas persiapan kerja merupakan program yang diadakan untuk membekali siswa SMK Diponegoro Tumpang mengenai cara-cara melamar kerja baik online maupun offline dengan mengadakan pelatihan membuat curriculum vitae, pelatihan membuat surat lamaran, serta penjelasan mengenai tata cara mengurus surat-surat yang umum dilampirkan saat melamar kerja. Selanjutnya siswa juga diberikan pelatihan tes tulis, interview, dan tes kesehatan. Selain itu siswa juga diberikan wawasan tentang budaya kerja, mental kerja, soft skill dan pembekalan lain yang memungkinkan agar semua siswa paham tentang dunia kerja.

  1. Tujuan
  • Memberikan pengetahuan bagi siswa SMK Diponegoro Tumpang tentang kiat-kiat dalam melamar kerja
  • Memberikan pengalaman tes kerja bagi siswa agar siap saat melaksanakan tes kerja yang sesungguhnya
  • Meningkatkan soft skill siswa yang berkaitan dengan budaya kerja
  1. Manfaat
  • Siswa mendapatkan pengetahuan tentang kiat-kiat dalam melamar kerja
  • Siswa mendapatkan pengalaman tes kerja bagi siswa agar siap saat melaksanakan tes kerja yang sesungguhnya
  • Soft skill siswa yang berkaiatan dengan budaya kerja meningkat
  1. Target
  2. Siswa membuat surat lamaran kerja dan CV
  3. Siswa praktik wawancara kerja
  4. Siswa bisa mengerjakan psikotes kerja
  5. Waktu Pelaksanaan

Kelas persiapan kerja ini dilaksanakan satu bulan satu kali di masing-masing kelas.

  1. Langkah-langkah
  • Menyiapkan materi dan soal psikotest kerja
  • Menjadwalkan pertemuan di masing-masing kelas 1 bulan 1 kali
  • Mendampingi siswa praktik menulis surat lamaran kerja dan CV
  • Mendampingi siswa mengerjakan psikotes kerja
  • Mendampingi siswa praktik wawancara kerja

 

 

  1. Rekam Jejak Siswa
  2. Jenis Kegiatan

Rekam jejak siswa merupakan raport komprehensif yang berisi data pribadi siswa, bakat siswa, prestasi siswa, sikap siswa, dan keterampilan siswa. Pengisian rekam jejak dilakukan secara kolaborasi antara siswa, wali kelas, guru dan tim kesiswaan. Dengan adanya rekam jejak siswa ini diharapkan akan mempermudah dalam mempromosikan siswa ke industri pencari kerja karena dengan melihat rekam jejak siswa dapat mengetahui perkembangan siswa selama di sekolah.

  1. Tujuan
  • Mempermudah promosi siswa ke DU/ DI
  • Mendapatkan data yang real tentang perkembangan siswa
  1. Manfaat
  • Sekolah lebih mudah dalam promosi siswa ke DU/ DI
  • Sekolah mendapatkan data yang real tentang perkembangan siswa
  1. Target

Rapot rekam jejak siswa dicetak dan dilaporkan setiap akhir tahun pelajaran

  1. Waktu Pelaksanaan
  • Pengisian data pribadi dan bakat siswa dilaksanakan pada bulan Juli 2021
  • Perekaman nilai sikap, keterampilan dan prestasi dilaksanakan setelah kegiatan PTS, PAS semester ganjil dan genap.
  • Cetak rekam jejak siswa dilaksanakan diakhir tahun pelajaran yaitu bulan Juni 2022
  1. Langkah-Langkah Kerja
  • Siswa mengisi data pribadi seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, tinggi badan, berat badan, nama orang tua, pekerjaan orang tua, jumlah saudara, bakat pribadi secara online dengan pendampingan dari guru simdig atau wali kelas
  • Tim kesiswaan bagian bakat dan minat mengisikan bakat siswa pada kolom bakat di rekam jejak siswa sesuai hasil analisis bakat minat yang dilakukan
  • Wali kelas mengisikan prestasi baik akademik maupun non akademik yang dimiliki siswa selama berada dijenjang kelas tertentu
  • Guru produktif mengisikan kompetensi, deskripsi capaian serta nilai yang diperoleh siswa.
  • Tim kesiswaan mengisikan karakter siswa pada kolom karakter di rekam jejak siswa setiap 1 bulan sekali. Hasil pengisian setiap bulan akan menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan terkait karakter siswa.
  • Rapot rekam jejak siswa dicetak setiap akhir tahun pelajaran.

 

  1. Kunjungan Industri
  2. Jenis Kegiatan

Kunjungan industri merupakan kegiatan study banding sekolah ke industri terkait. Kunjungan industri ini diikuti khusus tim humas, kurikulum, kesiswaan dan para guru pada umumnya. Kunjungan industri ini merupakan salah satu langkah pendekatan antara sekolah dengan pihak industri sehingga dapat terjalin kerjasama yang konsisten seperti penempatan prakerin siswa, peningkatan/ pembaruan kompetensi guru produktif, serta rekrutmen kerja.

  1. Tujuan
  • Mengenalkan SMK Diponegoro Tumpang ke pihak Industri
  • Mendapat informasi mengenai industri seperti budaya kerja, keterampilan khusus yang ada di industri, dan struktur organisasi di industri
  • Menjalin kerjasama antara SMK Diponegoro Tumpang dan industri terkait prakerin siswa, pengembangan kompetensi guru produktif, dan perekrutan kerja alumni
  1. Manfaat
  • SMK Diponegoro semakin dikenal oleh dunia industri
  • Mampu mendapat informasi mengenai industri seperti budaya kerja, keterampilan khusus yang ada di industri, dan struktur organisasi di industri
  • Mampu menjalin kerjasama antara SMK Diponegoro Tumpang dan industri terkait prakerin siswa, pengembangan kompetensi guru produktif, dan perekrutan kerja alumni
  1. Target
  • Memahami budaya kerja
  • MoU dengan industri
  1. Waktu Pelaksanaan

Menyesuaikan jadwal dari kurikulum

  1. Langkah-Langkah Kerja
  • Menentukan industri yang akan dikunjungi
  • Mensinkronkan jadwal kunjungan dengan agenda di kurikulum
  • Mengajukan proposal kegiatan
  • Menyiapkan perlengkapan kunjungan industri
  • Mendokumentasikan kunjungan
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban

 

  1. Sharing Alumni
  2. Jenis Kegiatan

Kegiatan sharing alumni merupakan kegiatan mengundang alumni ke sekolah untuk menjadi pemateri bagi siswa kelas XII dengan nama kegiatan “pengen ngobrol”. Kegiatan “pengen ngobrol” berbentuk talkshow yang dilakukan secara tatap muka dengan konsep kekeluarga yang mengangkat tema pekerjaan dan wirausaha.

  1. Tujuan

Mengenalkan dunia kerja dan mengembangkan jiwa wirausaha bagi siswa berdasarkan  pengalaman para alumni.

  1. Manfaat

Silaturahmi dengan alumni sebagai jawaban dan jembatan bagi siswa yang selama ini masih bingung dengan karier yang akan dipilih karena melalui acara “pengen ngobrol” siswa mendapatkan wadah untuk berdiskusi dengan alumni yang bekerja dan wirausaha.

  1. Target

Siswa antusias melamar kerja atau berwirausaha

  1. Waktu Pelaksanaan :

Setelah pelaksanaan PTS Ganjil, PAS Ganjil, serta PAS Genap.

  1. Langkah-langkah Kerja :
  • Mengajukan proposal kegiatan
  • Menentukan alumni yang akan diundang
  • Menjadwalkan kegiatan dengan berkoordinasi dengan kurikulum
  • Menghubungi alumni yang akan menjadi pemateri
  • Menyiapkan perlengkapan seperti tempat, banner, presensi dll
  • Mendokumentasikan kegiatan
  • Membuat laporan pertanggungjawaban

 

  1. Tracer Study
  2. Jenis Kegiatan

Kegiatan pelacakan jejak alumni yang dilakukan kepada alumni 3 bulan setelah lulus. Tracer study dilakukan secara offline dan online. Tracer study secara offline dengan cara meminta alumni mengisi surat pengantar bagi alumni yang berkunjung ke sekolah. Sedangkan tracer study online dengan membagikan link kepada alumni untuk diisi secara online.

  1. Tujuan
  • Mengetahui outcome yang dihasilkan SMK Diponegoro Tumpang
  • Mengetahui kontribuasi SMK terhadap kompetensi yang ada di dunia kerja
  1. Manfaat
  • Dapat mengetahui penyebaran lulusan SMK
  • Sebagai bahan evaluasi SMK terhadap lulusan yang dihasilkan apakah telah memenuhi standar kompetensi yang sesuai pada dunia kerja
  • Sebagai informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran
  • Sebagai salah satu nilai tambah dalam proses akreditasi.

 

  1. Target

Grafik sebaran tamatan dilaporkan setiap 6 bulan sekali

  1. Waktu Pelaksanaan

Offline dilakukan secara kondisional ketika alumni datang ke sekolah, sedangkan online dilakukan 3-6 bulan setelah alumni lulus

  1. Langkah-langkah Kerja
  • Menyiapkan surat pengantar alumni untuk tracer study offline
  • Menyiapkan google form untuk tracer study online
  • Melakukan analisis tracer study pada September
  • Melakukan pendampingan pada alumni yang belum bekerja melalui group alumni angkatan terakhir.
  • Menyusun laporan tracer study pada bulan desember 2021.

 

  1. Dokumentasi BKK
  2. Jenis Kegiatan

Proses yang dilakukan untuk menyediakan berbagai macam dokumen seperti proposal, foto, laporan dari suatu kegiatan.

  1. Tujuan

Mempertanggungjawabkan kegiatan yang telah dilakukan

 

  1. Manfaat
  • Dapat mengetahui kegiatan yang telah dilakukan beserta analisis ketercapaiannya.
  • Sebagai bahan evaluasi dan tindak lanjut program kerja berikutnya.
  1. Target

Administrasi BKK terdokumentasikan

  1. Waktu Pelaksanaan

 Sesuai program kerja BKK tahun 2021/2022

  1. Langkah-langkah Kerja
  • Membuat program kerja BKK tahun 2021/2022
  • Menyusun proposal kegiatan
  • Menyiapkan perlengkapan kegiatan
  • Mendokumentasikan kegiatan
  • Membuat laporan pertanggungjawaban

 

  1. Kerjasama Dunia Industri
  2. Jenis Kegiatan

Kerjasama SMK dengan dunia industri merupakan strategi pembelajaran dan bisnis yang dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak. Cara menjalin kerjasama dengan industri adalah melakukan prakerin, magang guru, guru tamu dan penandatanganan MoU.

  1. Tujuan
  • Mengenalkan SMK Diponegoro Tumpang ke pihak Industri
  • Menjalin kerjasama terkait prakerin siswa, pengembangan kompetensi guru produktif, dan perekrutan kerja alumni
  1. Manfaat
  • Keterserapan alumni di dunia industri.
  • Sinkronisasi kompetensi yang dibutuhkan dunia industri dengan pembelajaran di SMK.
  1. Target

1 Bulan mendapatkan 1 MoU Industri

  1. Waktu Pelaksanaan

Secara kontinu

  1. Langkah-Langkah Kerja
  • Menentukan industri yang akan dihubungi
  • Menyusun proposal pengajuan kerjasama
  • Menghubungi industri baik melalui telepon atau email
  • Melakukan pendekatan secara intens melalui kunjungan industri, magang guru, guru tamu, atau MoU dengan industri
  • Menghubungi industri untuk mengkonfirmasi lowongan kerja
  • Mempublikasikan lowongan kerja kepada alumni SMK Diponegoro Tumpang melalui grup alumni
  • Mengkoordinir/ mendampingi proses pelamaran kerja hingga pengumuman kerja
  • Pengantaran alumni yang diterima kerja
  • Memperbaharui MoU yang sudah dilakukan jika diperlukan.

 

 

 

 

 

 

 

  1. PROGRAM UNIT PRODUKSI (UP)

 

No

Nama Kegiatan

Pelaksanaan Kegiatan (Bulan)

7

8

9

10

11

12

1

2

3

4

5

6

1

Pembaruan struktur organisasi dan jobs description

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Persiapan tempat dan alat produksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Penambahan jenis produk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Promosi offline dan online

5

Piket harian tim Unit Produksi

6

Rapat evaluasi dan penentuan target baru

 

Uraian Kegiatan

  1. Pembaruan struktur organisasi dan jobs description

Dari hasil evaluasi yang didapatkan dari tahun sebelumnya, disimpulkan bahwa terdapat beberapa job yang kurang sesuai dan ada pula bagian yang masih kurang maksimal. Sehingga perlu adanya perombakan tim Unit Produksi beserta tugas-tugas yang harus dikerjakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut.

  • Tersusun tim Unit produksi yang baru
  • Tersusun tugas-tugas tiap bagian yang sesuai kebutuhan Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang
  • Memaksimalkan kinerja tim Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang

 

 

  1. Persiapan tempat dan alat produksi

Dalam memproduksi suatu produk hal dasar yang dibutuhan adalah tempat produksi dan alat-alat yang dibutuhkan untuk produksi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Unit produksi memiliki ruang khusus produksi yang tidak mengganggu proses belajar mengajar maupun proses pelayanan terhadap wali murid atau warga yang berkunjung ke sekolah. Selain itu alat-alat produksi yang sudah ada perlu dicek ulang dan bila perlu mengadakan alat produksi baru berkaitan dengan penambahan jenis produk yang nantinya akan diproduksi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut.

  • Tersedia ruang khusus Unit Produksi untuk produksi dan menyimpan stok barang
  • Tersedia alat-alat produksi dan siap digunakan

 

  1. Penambahan jenis produk

Saat ini produk yang konsisten diproduksi oleh unit produksi SMK Diponegoro Tumpang adalah keripik singkong dengan 3 varian rasa. Agar lebih menarik minat konsumen perlu ditambahkan jenis produk baru sehingga lebih banyak pilihan ketika akan membeli produk dari Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang. Dengan banyaknya jenis produk diharapkan dapat meningkatkan jumlah pembeli harian sehingga laba juga semakin meningkat. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga bulan awal unit produksi tahun 2021/ 2022 yaitu bulan juli, agustus, dan september 2021. Diharapkan minimal ada 3 produk baru yang konsisten diproduksi. Selain menentukan jenis produk baru juga ditentukan pula kemasan dan berat produk yang akan disajikan dipasaran. Jika dirasa perlu pembaruan kemasan pada produk yang sudah konsisten di produksi yaitu keripik singkong juga diperbarui.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut.

  • Adanya minimal tiga jenis produk baru yang diproduksi oleh Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang
  • Meningkatkan minat konsumen terhadap produk-produk Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang
  • Meningkatkan penghasilan Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang
  • Tercipta kemasan yang menarik minat konsumen

 

  1. Promosi offline dan online

Dalam memperkenalkan produk-produk Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang perlu adanya kegiatan promosi. Promosi yang akan dilakukan nantinya akan dibedakan menjadi dua yaitu promosi langsung (offline) dan promosi melalui media sosial (online).  Pada promosi offline diharapkan tim pemasaran dapat promosi ke warga SMK Diponegoro Tumpang dan ikut mengajak mereka untuk promosi ke pihak luar atau menjadi reseller dari Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang. Selain ke warga SMK Diponegoro promosi langsung juga dilakukan ke warga sekitar SMK Diponegoro Tumpang dengan sasaran toko-toko warga maupun tempat-tempat wisata. Sedangkan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi dilakukan promosi secara online yang dilakukan secara konsisten. Menindaklanjuti hasil promosi ini, nantinya proses pembelian bisa melalui beberapa pilihan seperti pembelian langsung ke SMK Diponegoro Tumpang, Online atau delivery order, dan bisa juga dengan sistem ambil di tempat. Sistem ambil di tempat ini pembeli memesan dulu produk yang akan dibeli lalu ditentukan tempat mereka bisa mengambil barang misalkan ambil langsung ke SMK atau ambil di rumah Guru/ karyawan SMK Diponegoro Tumpang yang sudah ditentukan atau disepakati.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut.

  • Memperkenalkan produk-produk Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang ke masyarakat luas
  • Meningkatkan jumlah pembeli
  • Mempermudah konsumen dalam mendapatkan info produk dan bertransaksi

 

  1. Piket harian tim Unit Produksi

Piket harian ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tim Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang. Di setiap harinya akan ada anggota yang tugas pokoknya mengontrol penjualan produk Unit Produksi dan merekap keluar masuknya barang serta merekap penghasilan pada hari itu. Stok barang nantinya akan dilaporkan di grup Unit Produksi agar diketahui oleh semua tim sehingga jika ada pembeli online dapat mudah terlayani. Selain itu pelaporan stok barang ditujukan khusus ke bagian produksi agar mereka dapat menjadwalkan produk apa yang harus segera diproduksi beserta jumlahnya. Pemasukan yang dihasilkan pada hari itu juga dilaporkan di grup agar semua mengetahui dan termotivasi untuk terus melakukan promosi serta ditujukan khusus ke bendahara untuk merekap keuangan. Selain melaporkan rekap stok dan pemasukan juga dilaporkan mengenai kendala pada hari tersebut agar segera mendapatkan solusi.

Tujuan dari kegiatan piket harian tim Unit Produksi ini adalah sebagai berikut.

  • Dapat mengontrol stok barang setiap harinya
  • Mempermudah dalam melayani pembelian secara online
  • Mempermudah bagian produksi dalam menentukan produk apa yang harus segera diproduksi beserta jumlahnya
  • Administrasi keuangan lebih teratur karena direkap setiap hari
  • Memotivasi anggota Unit Produksi untuk meningkatkan penjualan

 

  1. Rapat evaluasi dan penentuan target baru

Rapat evalasi ini dilaksankan setiap akhir bulan dengan agenda sharing antar anggota Unit Produksi dengan pokok bahasan: kendala yang dialami, keunggulan tim Unit Produksi, grafik penjualan masing-masing jenis produk, pemasukan pada bulan tersebut, serta rata-rata asal konsumen. Kendala dari masing-masing bagian yang diketahui melalui rapat evaluasi ini segera dicarikan bersama-sama jalan keluarnya. Selain kendala juga dianalisis kekuatan dari tim Unit Produksi agar kelebihan tersebut dapat ditingkatkan lagi. Dalam rapat evaluasi ini juga dibahas produk apa yang menjadi best seller serta produk apa pula yang penjualannya kurang laris. Dengan mengetahui jumlah penjualan masing-masing jenis produk dapat dibuat sebagai acuan menentukan target baru baik dari segi jumlah produk terjual maupun dari sasaran pembeli.

Tujuan dari rapat evaluasi dan penentuan target baru ini adalah sebagai berikut.

  • Mendapatkan solusi dari setiap masalah yang dialami masing-masing bagian
  • Mengetahui kelemahan dan kelebihan produk Unit Produksi SMK Diponegoro Tumpang
  • Pembaruan target dengan acuan penjualan dan asal konsumen pada penjualan sebelumnya
  • Memperbaiki maupun meningkatkan strategi-strategi pemasaran yang sudah dilakukan

 

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

IHYA ULUMUDDIN S.KOM, MM

- Kepala Sekolah -

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.   Dengan mengucapkan segala puji ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, disertai rasa syukur karena  dengan bimbingan,…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Seberapa besar nilai manfaat web ini bagi anda

Hasil
Banner