e-Semkadip

Media Informasi Akademik


Data Pokok Pendidik dan

Tenaga Kependidikan



E-RAPORT SMK



Penjamin Mutu Pendidikan (PMP)



BAGIAN TERKAIT PENDATAAN

Berikut ini bagian yang terkait pendataan Dapodik di Lingkungan SMK Diponegoro Tumpang untuk pemenuhan, Kelengkapan dan Validitas Data.

 KEPALA SEKOLAH

Bertanggung jawab atas kegiatan pendataan Dapodik di sekolah.


Memberikan persetujuan Sinkron (kirim data) atau TIDAK terkait kepentingan kebenaran dan integritas data, pernyataan bahwa data yang dikirimkan adalah benar dan tanpa rekayasa.


Mengkoordinasikan semua bagian yang terkait pendataan Dapodik di sekolah.


Mengawasi, memberi arahan, menginfokan hal baru Dapodik kepada OPS atau anggota sekolah.

KURIKULUM 

Setiap awal semester atau setiap ada perubahan untuk menginfokan ke OPS perihal SK pembagian mapel dan jam (sesuai ketentuan kurikulum yang berlaku). Berkala menginfokan kepada OPS jika ada perubahan atau pergantian wali kelas.

Berkala menginfokan kepada OPS jika ada perubahan pembagian kelas termasuk kondisi anggota kelas (perpindahan siswa kelas atau penambahan siswa elas). 

 Setiap awal semester atau setiap ada perubahan untuk menginfokan ke OPS perihal jadwal mengajar guru (sesuai ketentuan kurikulum yangberlaku). 

Memeriksa, memverifikasi dan mempublikasikan data nilai yang jadikan bahan entri guru di Raport Dapodik. 

Mengkoordinir dan berkala memeriksa keterlaksanaan kegiatan entri nilai oleh Guru di Raport Dapodik. 

Menginformasikan kepada OPS jika ada pengaturan Raport Dapodik yang tidak sesuai dengan ketentuan Kurikulum. 

Menginformasukan kepada OPS tentang data siswa tidak naik kelas (jika ada). 

Berkala menginfokan ke OPS jika ada perubahan struktur atau terkait Tim Literasi Sekolah.

 HUMAS 

Berkala menginfokan ke OPS perihal data siswa yang mempunyai kartu PIP/ KPS.

Berkala menginfokan ke OPS perihal data siswa yang ingin diajukan untuk mendapat PIP.

Berkala menginfokan ke OPS perihal pendataan kelanjutan alumni BEKERJA (nama perusahaan, bidang pekerjaan, tgl mulai bekerja) atau KULIAH (nama perguruan tinggi, jurusan, tgl masuk kuliah).

Berkala menginfokan ke OPS jika ada perubahan struktur atau terkait Tim Komite Sekolah.

Setiap akhir pekan menginfokan rekapan presensi manual kehadiran GTK ke OPS.

 KESISWAAN

Berkala menginfokan ke OPS jika ada perubahan struktur atau terkait Tim Sekolah Aman, MPLS, PPDB,Keagamaan.

Berkala menginfokan ke OPS jika ada prestasi yang diraih sekolah/ siswa (foto, nama kegiatan, penyelenggara, waktu, peserta, nomor yang diraih).

Berkala menginformasikan ke OPS tentang data rombel Ekskul (pembina, pelatih,jadwal, anggota/ peserta, lokasi latihan)

 SARANA PRASARANA 


Berkala menginfokan ke OPS perihal kondisi fisik (prosentase kerusakan) bangunan gedung, ruang sekolah.

Berkala menginfokan ke OPS perihal penambahan, penghapusan, alih fungsi gedung, ruang sekolah.

Berkala menginfokan ke OPS perihal kelengkapan peralatan setiap ruang sekolah.

Berkala menginfokan ke OPS perihal data sarpras yang pembangunannya bersumber dari Blockgrant.

GURU/TENDIK TERDAFTAR 

DAPODIK 


Memberikan data sebenarnya jika ada permintaan data diri atau kedinasan.

Berkala mengecek di aplikasi Dapodik, web Info GTK terkait data identitas dan kedinasan individu.

Berkala mengupdate di aplikasi Dapodik jika ada ketidaksesuaian (kesalahan atau data baru) untuk data identitas dan kedinasan individu.

Berkala menginfokan kepada OPS jika ada ketidaksesuaian (kesalahan atau data baru) untuk jam tugas pembelajaran dan jadwal (jika BK: data kelas binaan) untuk diupdate oleh bersangkutan bersama OPS.

Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap data diri dan kedinasan individu.

Guru entri nilai mapel di Raport Dapodik berdasarkan nilai yang sudah diverifikasi Waka.Kurikulum.

Menginfokan ke OPS jika ada perubahan status tugas (misal: dari guru ke karyawan atau sebaliknya.

Menginfokan ke OPS jika ada perubahan status induk.

 TU ADMIN BENDAHARA 

Melakukan perekapan/ pendataan data siswa dan memverifikasinya berdasarkan dokumen otentik sebagai bahan data pendataan Dapodik.

Berkala menginfokan ke OPS untuk kelengkapan, perubahan, perbaikan data siswa.

Memastikan kelengkapan, kevalidan dan bukti penunjang data siswa.

Berkoordinasi dengan OPS jika ada siswa mutasi masuk dan keluar.

Menginformasikan kepada OPS jika ada GTK yang mengundurkan diri dilengkapi dokumen yang berkaitan

Berkala menginfokan ke OPS jika ada perubahan struktur atau terkait Tim BOS Sekolah.

 WALI KELAS 

Ikut serta dalam mengkoordinir siswa untuk melengkapi data siswa.

Menginfokan ke Kurikulum jika ada perubahan kondisi anggota kelas.

Ikut serta dalam mengkoordinis siswa untuk melengkapi data PIP atau pengajuan PIP.

 BP / BK 

Berkala menginfokan ke OPS jika ada siswa mutasi keluar atau mengundurkan diri.

Menginformasikan ke OPS jika ada kasalahan atau perubahan data kelas binaan (terkait dengan konversi jumlah siswa untuk jumlah jam sergur)

 GURU/TENDIK BELUM 

TERDAFTAR DAPODIK 

Menginfokan kepada OPS untuk diproses masuk sistem Dapodik dan proses NUPTK bagi yg belum

jika memenuhi syarat administrasi sebagai berikut :

* Berstatus GTK induk di SMK Diponegoro Tumpang.

* Untuk GTK Induk memiliki SK GTT bagi guru dan SK PTT bagi karyawan.

* Untuk Guru Non Induk, sudah masuk pada Dapodik di sekolah Induknya

* Jenjang pendidikan terakhir minimal S-1 bagi guru dan SMA bagi Karyawan

* Syarat khusus untuk pengajuan NUPTK (HARD DAN SOFT COPY) :
SK GTY/PTY,
Ijasah SD s.d S1 dst Format PDF
SK GTT/PTT awal,
SK GTY/PTY awal.
Kirim ke petugas Dapodik sekolah.

 OPERATOR SEKOLAH (OPS) 

Menerima arahan dan informasi dari Kepala Sekolah selaku penanggung Dapodik di sekolah.

Bersama kepala Sekolah mensosialisasikan informai terkait Dapodik.

Memproses pendataan Dapodik sesuai dengan panduan atau kebijakan internal lembaga.

 SISWA 

Memberikan data diri dengan lengkap sesuai kondisi sebenarnya jika ada permintaan data siswa.

Berkala menginfokan ke bagian TU Administrasi jika ada perubahan, perbaikan data diri.